Bedah Karya Pelukis Indonesia 2 ( Sesi 2 )

Bedah Karya 2.2
Nama Pelukis : Andi Hermawan
Judul Karya : Terdiam
Media : Cat Minyak di Kanvas
Ukuran : 45cm X 120cm
Tahun : -

4/6/18, 21:24 - Danar ~ PI: Ok monggo mas andi bisa memberi penjelasan yg mungkin melatar belakangin karya2 mas andi klu saya lihat punya kecenderungan landscape...dan menurut saya lebih imajinatif karya nya..monggo
4/6/18, 21:29 - Danar ~ PI: Teman2 yg muachhh...tetap sabar nyimak sambil ngopik ya...kalian

4/6/18, 21:30 - Andi Hermawan Art: Sy suka hiking...dan suka suasana sepi,bbrp kali hiking sendirian....ketika terdiam di atas gunung apalagi klo di antara rerumputan sy mrs sgt damai,bisa mendengar bisikan angin,aroma tanah yg basah,gesekan daun2,kicau burung2 seolah2 sy bisa mengerti alam dan sebaliknya....
4/6/18, 21:31 - Andi Hermawan Art: Maaf klo berlebihan

4/6/18, 21:32 - Danar ~ PI: Setuju banget mas...bahwa penghayatan langsung terhadap alam sebelum kemudian dilukiskan pasti akan melahirkan karya2 yg bernafaskan alam itu sendiri...
4/6/18, 21:34 - Danar ~ PI: Secara pribadi sy kagum ada karakter kuat disetiap lukisan mas..mungkin mas melukis lebih suka tidak menggunakan bantuan foto dan langsun sket dan mewarnainya juga berdasarkan sesuka hati ya mas...luar biasa
4/6/18, 21:35 - Danar ~ PI: Maksuknyavsesuka hati itu langsung melihat alam yg kemudian dikombinasikan dng imajinasi mas ya

4/6/18, 21:36 - Andi Hermawan Art: Iya..klo nyeket sy biasa ngawur lalu sedikit demi sedikit sy bentuk...nti sy kirim contohnya

4/6/18, 21:37 - Danar ~ PI: Ok siap mas andi...nanti bisa dimunculkan prosesnya ya...
4/6/18, 21:38 - Danar ~ PI: Ok mungkin sy mau minta bantuan abah dulu utk memberikan secuil saran n masukan buat mas andi...monggo abah
4/6/18, 21:39 - Danar ~ PI: Asyikkk abah rung turu

4/6/18, 21:39 - Andi Hermawan Art: Silahkan abah..

4/6/18, 21:39 - Abah ~ PI: Sama dengan yg saya sampaikan ke  mbak Atun cuma ada yang tertinggal satu mungkin busa melengkapi kekurangan

4/6/18, 21:39 - Andi Hermawan Art: Siap

4/6/18, 21:40 - Abah ~ PI: Yaitu penguasaan karakter
4/6/18, 21:40 - Abah ~ PI: Oelukisa pemandangan harus belajar trs menguasai karakter yang di lukis
4/6/18, 21:40 - Abah ~ PI: Pohon, batu, rumput, air tenang, air mengalir dll
4/6/18, 21:41 - Abah ~ PI: Kalo mas Andi lukisannya sangat bagus detailnya juga abah kagum
4/6/18, 21:42 - Abah ~ PI: Cuman masih takut menambah obyek di depan supaya lukisan lebih kelihatan hidup
4/6/18, 21:43 - Abah ~ PI: Kenapa  mas Andi?  Kok takut menambah obyek di depan
4/6/18, 21:44 - Abah ~ PI: Hallo mas Andi

4/6/18, 21:44 - Danar ~ PI: Monggo m andi

4/6/18, 21:45 - Abah ~ PI: Lukisan mas andi itu semuanya jarak jauh..

4/6/18, 21:45 - Danar ~ PI: Mb atoen msh nyimak ya

4/6/18, 21:45 - Andi Hermawan Art: maaf...
4/6/18, 21:46 - Andi Hermawan Art: Alasan pertama ...memang sy blm menguasai gbr pohon jarak dekat

4/6/18, 21:47 - Abah ~ PI: Kedua mas

4/6/18, 21:49 - Andi Hermawan Art: Alasan ke 2...sy pernah buat pohon edelweis  tapi lukisan utama...jadi terkesan cuma background...fokus lsg tertuju ke edelweis....lalu sy timpa lagi edelweis dgn rerumputan sekitarnya....akhirnya fokus alam landscape muncul lagi...begitulah abah...

4/6/18, 21:50 - Abah ~ PI: Ok...
4/6/18, 21:50 - Abah ~ PI: Klo abah lain
4/6/18, 21:51 - Abah ~ PI: Abah selalu mengejar indahnya lukisan walaupun harus menutup apa yang telah di buat be2jam2
4/6/18, 21:52 - Abah ~ PI: Jadi penguasaan karakter td sangat penting krn berani menutup apa yg sudah dibuatnya demi mengejar keindahan...
4/6/18, 21:52 - Abah ~ PI: Maaf mas Andi
4/6/18, 21:52 - Abah ~ PI: Abah coba juga mebawa lukisan mas Andi ke karya abah...
4/6/18, 21:53 - Abah ~ PI: Lukisan mas Andi saya rubah ke gaya lukisan abah...

4/6/18, 21:53 - Danar ~ PI: Monggo bah dilanjut

4/6/18, 21:53 - Abah ~ PI: Gpp ya mas Andi

4/6/18, 21:54 - Andi Hermawan Art: Iya gitu bah....awalnya sy buat landscape spt biasa...sdh 99% jadi...lalu sy coba tambah edelweis di frontground tiba2 nuansa alam yg td sdh pas jadi hilang ....lalu edwlweisnya sy timpa rumput lagi

4/6/18, 21:55 - Danar ~ PI: Nanti mas husen bisa beri tanggapan utk lukusan mas andi ya mas habis abah tentunya.

4/6/18, 21:55 - Andi Hermawan Art: Gpp bah

4/6/18, 21:54 - Abah ~ PI: <Media omitted>

Before

After

4/6/18, 21:57 - Abah ~ PI: Coba trs mas Andi belajar karakter pohon
4/6/18, 22:00 - Abah ~ PI: Saya kira dari abah cukup ya

4/6/18, 22:00 - Abah ~ PI: Mas Andi ada pertanyaan utk abah monggo

4/6/18, 22:01 - Danar ~ PI: masukan sangat menarik semoga jadi bahan evaluasi seandanya tertarik dng saran abah bisa ditrapkan atau mungkin main tempat abah...soalnya kan dekat to mas

4/6/18, 22:02 - Andi Hermawan Art: Wah...luar biasa sarannya...awannya bagus...tp sy kurang suka tipe ranting dan daun spt itu...ok abah kapan2 sy buat ranting dan daun tp agak berbeda..😁....sy terima saran,kritik,masukannya dgn senang hati dan lapang dada

4/6/18, 22:03 - Andi Hermawan Art: Siap abah.....

4/6/18, 22:03 - Abah ~ PI: Ok...

4/6/18, 22:03 - Danar ~ PI: Untuk narasumber Abah trimakasih hanya sdh memberikan sesuatu yg bermanfaat buat teman2 khususnya mb atoen dan mas andi...tepuk tangan buat abah....
4/6/18, 22:03 - Danar ~ PI: Setuju mas dan tetap semangat ya

4/6/18, 22:04 - Andi Hermawan Art: Saya selalu semangat kok...

4/6/18, 22:04 - Abah ~ PI: Monggo klo teman2 ada yang mau tanya... InsyaAllah saya jawab klo saya tau...
4/6/18, 22:04 - Danar ~ PI: Sekarang kita masuk kesesi berikutnya mungkin2 ada yg mau berbagi saran nasehat...monggo dan tentunya ngikuti arahan sy biar tetap fokus ya...

4/6/18, 22:08 - Aini Anik ~ PI: 2. Pertanyaam buat mas andi...kalimat pengantarx td kuereeen bgt, gue banget..,aq jg suka bau kabut, bau tanah...nah tuh kadang mengispirasi banget diotak...cuma waktu mau dituangkan di media jd zonk.... minta tipsx donk

4/6/18, 22:09 - Danar ~ PI: Utk pertanyaan ke2 nant mb anik bisa japrie ke mas andi ya...

4/6/18, 22:09 - Aini Anik ~ PI: Siaaappp

4/6/18, 22:16 - Danar ~ PI: Ok siap abah...berarti lanjut keteman2 yg lain...mungkin klu dr segi tehnik abah sudah cukup...mungkin teman2 mau ngasih masukan di konsep landscape...karena ini juga penting buat kita lo
4/6/18, 22:16 - Danar ~ PI: Monggo pak ketum sy panggil utk hadir...halooo pae

4/6/18, 22:16 - Deskam ~ PI: Njih...

4/6/18, 22:17 - Andi Hermawan Art: Aku mau jwb pertanyaan...

4/6/18, 22:22 - Deskam ~ PI: Utk mas andi. Sy sgt kagum dgn kemampuan membuat pemandangannya, tp, sy msh blm menemukan centre of interestnya. Jd terasa semuanya sm rata sam rasa. Dlm sebuahbpenciptaan kry, pusat perhatian akn menjadikan kry lbh menggigit lg. Mu gkin berikan sebuah clue dlm sebuah kry agr memberikan sebuah cwrita baru, bkn hny pemandangan semata. Acr teknik ay yakin mas andi sgt menguasainya, tp berikan tambahan yg menggoda dlm setiap kry agr org lbh terhanyut kembali. Kira2 itu mskn sy.

4/6/18, 22:24 - Danar ~ PI: Masih acara BK pak...tehnik sudah tapi konsep secara utuh tentan wacana lansdcape itu masih kabur pak...mohon kita godog sekalian...
4/6/18, 22:25 - Danar ~ PI: Iyo mas kita bedah karya landscape mungkin bisa jadi tambah motivasi buat mas andi n m atoen jg teman2 sekalian

4/6/18, 22:26 - Deskam ~ PI: Sprt yg sy bicarakan diatas. Scr teknik sy tdk memberikan byk.pembahasan, abah sy rasa sdh lbh mumpuni utk membedahnya dan mas andi sgt memahami keteknikan. Lha, mungkin rasa utk menggugah agr apa yg dibuat mas andi lbh greget itu yg prl diperhatikan lg. Hal tersebit sdh sy berikan gambaran sprt diatas.

4/6/18, 22:28 - Andi Hermawan Art: .tapi klo point of interest nys trll menonjol landscape nya jd terkesan backcgrond sj....penikmatnya jd tidak penasaran mencari jalan setapak berliku-liku yg kecil2 dan jauh2...terkadang jalan2 setapak ini tidak tetlihat di dlm foto lukisan😁...terlihat saat benar2 melihat lukisan aslinya(bukan melalui foto)

4/6/18, 22:28 - Danar ~ PI: Klu boleh tanya pak ketum...apakah lukusan landscape itu masih relevan atau mungkin kebalikanya...seperti karya m atom n m andi ini
4/6/18, 22:29 - Danar ~ PI: Untuk saat ini pak...mungkin teman2 bisa memberikan wacana pencerahannya

4/6/18, 22:30 - Deskam ~ PI: Yups...kalo begitu, knp jln berliku ktu bs dijadikan poin of interestnya mas. Lbh mengolah itu menjadi sebuah cerita yg kuat dan bkn hny sebatas jalan setapak, berikan kisah baru dr sebuah jln digunung2 tersebut.

4/6/18, 22:32 - Aini Anik ~ PI: Mas danar boleh yo ngasih masukan ke mas andy?

4/6/18, 22:33 - Deskam ~ PI: Klo.menurut sy msg relevan kok. Setiap gaya dan keteknikan memiliki kekuatan dan penggemarnya msg2. Lha, yg prl digali adalah bgmkry yg terkesan biasa itu dpt diberikan sentuhan baru agr memberikan kisah baru yg tdk hny wujud tp kisah yg berbeda
4/6/18, 22:33 - Andi Hermawan Art: Maaf sy jwab pertanyaan diatas dulu..brgkali bermanfaat buat yg lain...Ketika melukis hal tsb terjadi begitu saja,mgkn itu yg dinamakan feeling, jadi dipikirkan di kepala,dirasakan di hati,di ungkapkan melalui tangan.....sptnya masih ada yg kurang...tp blm sy temukan...

4/6/18, 22:33 - Dwi Febri Sarianto ~ PI: Wwehh wes akehhh menn

4/6/18, 22:34 - Danar ~ PI: Monggo bung dwi...masukan

4/6/18, 22:35 - Aini Anik ~ PI: Mas andy itu gue bangeeet...rasane itu yg q rasakan kalo ndaki gunung...pemandangan yg di suguhkan Allah terasa sempurna....jd kadang kalo nambah2 lainx justru ngerasa g pas...gitu kan mas andi maksudx?

4/6/18, 22:36 - Andi Hermawan Art: Nah...itulah....jadi itu namanya point interest ya sip pak deskam....
4/6/18, 22:36 - Andi Hermawan Art: Betul..betul..

4/6/18, 22:36 - Dwi Febri Sarianto ~ PI: Bntaar takk semedi duluu. Sambil ngopi rokok..  Biar kluarr idee...  Blm mau tuutup kaann??

4/6/18, 22:37 - Danar ~ PI: Siap pak ketum...mungkinkah karya2 seperti landscape ini bisa memberikan wacana baru...melihat dan mengamati karya landscape ini sering lebih diajak tirikan/ dimarjinalkan dari pratik2 senirupa nasional maupun internasional...buat sepirit juga ini pak
4/6/18, 22:37 - Danar ~ PI: Anak tirikan...

4/6/18, 22:37 - Aini Anik ~ PI: Tp yg dimaksud abah n mas deskam td aq jg ngerti...kadang idealisme kita harus kita turunkan...krn penikmat lukisan kita kan orang lain...jd nambah2 gimmick2 kecil untuh mempercantik boleh juga, biar lakuuu kata abah😁😝

4/6/18, 22:38 - Deskam ~ PI: Bkn menambahkan bu, tp memberikan sentuhan yg lbh pd 1 titik agr pandangan org memiliki fokus, jd bgmn kry yg jd pusat perhafian tersebut dpt lsgbtwrlihat dan org memiliki sudur pandang dan kecirian dr setiap kry yg dibuat, bkn merubah objek alamnya. Abah semisal, beliau memiliki kecirian dr wrn dan sudut pandang yg sdh sgt dikenal olh publik, tnp diksh tanda tanganpun org tau klo itu lukisannya abah. Gt maksud sy

4/6/18, 22:40 - Dwi Febri Sarianto ~ PI: Mass andy itu konsepnya dr lukisannya yaa??

4/6/18, 22:41 - Andi Hermawan Art: Secara umum iya

4/6/18, 22:41 - Danar ~ PI: Mb anik mohon nyimak dulu ada pembahasan yg mungkin lebih penting ini mb..

4/6/18, 22:42 - Deskam ~ PI: Sprt yg mas Danar bicarakan di anak tirikan, krn sering kali lukisan pemandangan hny menjadi pejangan ruangan sj, tdk mau dibuat memberikan kisah yg lbh drpd sekedar pemandangan, makanya terkesan dianak.tirikan dlm.kancah kesenian. Lha, knp sy memberikan mskn utk.memberikan wacana baru bkn hny wujud yg ada sj utk kry pemandangan, agr lukisan pemandangan tdk hny memindahkan objek alam ke lukisan baik diambil dr foto maupun imajinasi, tp cerita yg lbh dr hny sebatas pemandangan akn memberikan pemahaman lbh drpd yg twrtangkap pw ikmat

4/6/18, 22:43 - Aini Anik ~ PI: Iya itu maksudx mas deskam, sy g ngerti bahasa seni seh...cuma gini...kadang kalo kita sedang di ketinggian....pemandangan yg tidak terhalang apapun...langsung memandang hamparan obyek yg subhanallah disuguhkan Allah didepan mata qt itu yg menggetarkan...tp yo ituu...itu dilihat dr sudut pandang kenikmatan pandangan si pendaki gunung

4/6/18, 22:43 - Danar ~ PI: Mb anik nyimak dulu ya...

4/6/18, 22:44 - Aini Anik ~ PI: Siappp...maaf

4/6/18, 22:45 - Deskam ~ PI: Klo sy, itulah tugas kita sebagai pelaku seni, memberikan pemahamN tersebit kpd masyarakat, krn kry seni adalah media bhs pembelajaran antar manusia jg, bkn hny melalui wujud semata tetapi jg melalui bhs rupadan sebagai simbol yg hrs dijadikan pembelajarn
4/6/18, 22:45 - Deskam ~ PI: Monggo phmi dl tulisan sy di bawah bu

4/6/18, 22:45 - Danar ~ PI: Nah sebenarnya ini yg perlu kita bahas diacara ini pak utk membantu menemukan wacana baru tentang landscape dan bisa menjadi bagian dari praktik senirupa kekinian..maksudnya itu pak

4/6/18, 22:46 - Dwi Febri Sarianto ~ PI: tak nyimak dulu..  Kalau sdh si sumonggo tak unjuk gigi

4/6/18, 22:47 - Danar ~ PI: Klu menurut sy ini penting utk jadi bahan renungan khususnya teman2 yg bergelut dng karya2 lansdcape ini

4/6/18, 22:49 - Atoen ~ PI: Mungkin beda mbak aini. Cara pandang seni antara pendaki dan penikmat seni. Pendaki ingin menikmati lukisan karena kekaguman ciptaan sang pencipta..dan kita adlh makhluk kecil dihadapannya. Penikmat seni memandang lukisan itu sesuatu yg indah.

4/6/18, 22:50 - Andi Hermawan Art: ...menambah wawasanku...

4/6/18, 22:50 - Deskam ~ PI: Nah...kdh org2 membandingkan kry pemandangan saat ini dgn jaman Dullah, ato Basuki abdullah, raden Saleh dan beberapa seniman pemandangan lainnya yg mrk maestro, tp jgn lupa jg, bhw masa ini sdh berbeda. Jaman saat itu kry dibuat berbeda dgn saat ini, pemahaman publik terhadap sebiah kry seni jg berbeda, seni bkn hny lg wujud tp sdh memasuki batas post-modern dan pd tataran kontemporer. Seni bkn hny wujud sj, tetapi cerita dr wujud itu ptg adanya. Lha, tugas pelaku seni adalah merangkum dan meramu sebagai mcm hal tersebut menjadi sebuah bhs wujud yg dpt memberikan sebuah konsep pemahaman dlm.kacamata pelaku dan pengalaman ataupun pemikiran seniman kpd masyarakat utk diterjemahkan ulang dan menjadi bhs yg unoversal bagi masyarakat.

4/6/18, 22:51 - Danar ~ PI: Dan karya2 seperti ini ujung2 hanya dipameran pasar seni...utk saat ini blm bisa diterima di ajang pameran 2 besar nasional padahal klu dilihat karya landscape secara tehnik lebih rumit...jadi kenapa prahara ini terjadi berpuluh2 tahun

4/6/18, 22:52 - Dwi Febri Sarianto ~ PI: Mash nyimaak aahh

4/6/18, 22:53 - Deskam ~ PI: Yups...krn kry seni bkn soal wujud tp soal konsep.pemahaman. bgmn pemahaman visual bs memberikan sebuah pemahaman yg kekinian srt kebaruan dlm sebuah kehidupan itu sdr. Wujud menjadi hal yg dibuat utk menterjemahkan pemahaman, bkn pemahaman yg menterjemahkan wujud.

4/6/18, 22:58 - Aini Anik ~ PI: Se 7 mbakkkmakanya td sy bilang....kdg harus menurunkan idealisme

4/6/18, 22:58 - Danar ~ PI: itu masalah proses berkesenian pak...tapi bagaimana ketika karya landscape yg dikerjakan hari ini sama dalam pengertian dan mekanisme karya modern ataupun kontemporer padahal klu menurut sy pribadi karya tentang pemandangan justru lebih relevan jaman sekarang ini ketika karya ini jadi spirit gerakan kebangkitan utk kesadaran tentang ekologis yaitu permasalah global lingkungan yg sdh mulai rusak dan mungkin juga ancamaan becana perang...

4/6/18, 22:59 - Deskam ~ PI: Sy rasa adalah bgmn menyelaraskan idealisme dan pemandangan menjadi sebuah kry. Knp enggak? Semua menang semua senang

4/6/18, 22:59 - Andi Hermawan Art: renungan dari sahabat saya Melukis itu ada 2 kenikmatan (tp kayaknya bisa lebih) :
1.ketika kita melukis(menuangkan cat,menggoreskan kuas,dst) dgn kejujuran dan sepenuh hati.
2.ketika lukisan laku.
Jadi walaupun lukisan kita blm laku sebenarnya kita sdh menperoleh 1 kenikmatan...dan spt-nya tidak mungkin kita membenci lukisan kita sendiri walaupun ga laku2.

4/6/18, 23:00 - Mozley 2 ~ PI: Mantappp....seneng aku....karyanya keren2...

4/6/18, 23:00 - Danar ~ PI: Relevan utk jaman ini dibanding jaman kemunculannya seni modernt yg kemudian karya mooi idii/pemandangan alam di bantai oleh gerakan seni jaman persagi

4/6/18, 23:00 - Deskam ~ PI: Lha sprt yg sdh sy bicarakan diatas to mas beb?

4/6/18, 23:02 - Andi Hermawan Art: Pokoknya semua saran,masukan,gagasan....sy terima semua dgn senang hati...

4/6/18, 23:03 - Deskam ~ PI: Oleh sebab itu mas, sy memberikan mskn agr kry landscape tdknhny wujud sj tetapi jg memberikan wacana baru dlm.kry tersebut.

4/6/18, 23:03 - Danar ~ PI: Iya betul pak maksudku wacana yg barusan ak sampain td bisa jadi kesadaran teman2 landcape utk lebih mengerti sebuah trobosan karya tidak hanya indah dilihat tp justru menjadi semangat gerakan kebangkitan landscape itu sendiri pak
4/6/18, 23:04 - Danar ~ PI: Nah ketemu titik terang sekarang

4/6/18, 23:04 - Atoen ~ PI: Memang iya. Karya landscape kebanyakan menyampaikan pesan ttg ekologi atau kesadaran lingkungan. Klu pandangan sy laen boleh nggak ya mas?

4/6/18, 23:05 - Deskam ~ PI: Sy sdh kenal.mas andi mungkin lbh dr 10th. Sekitar th 2004 kami kenal Harapannya sprt itu mase

4/6/18, 23:06 - Deskam ~ PI: Lha maksudnya kesadaran itulah yg diperkuat lg mbak, bkn hny wujudnya sj, sehingga memiliki bhs yg lbh lg utk dinikmati, mampu memberikan pesan personal bagi yg menikmatinya.

4/6/18, 23:06 - Andi Hermawan Art:  di group ini cuma deskam yg pernah bonceng vespa sy.....santai saja....

4/6/18, 23:07 - Danar ~ PI: Intinya lukisan pemandangan tidak hanya dipahami sebatas visual tp justru gerakan utk menumbukan kesadaran tentang ancaman isu perang kehancuran bumi dsb itu jadi ujung tmbak karya mereka pak...dan jadi konsep landscape akan lebih relevan  ketika karya menjadi peringatan akan pentingnya alam itu sendiri jadi tidak hnya berhenti teknik dan kerinduan akan ketenangan batin semata...itu sebenarnya maksud yg nungkin lebih mudah teman2 pahami

4/6/18, 23:07 - Mozley 2 ~ PI: Bangun tidur mba atoen...telat ngikutinya... Ini baru group elite....dan manfaatnya besar...

4/6/18, 23:09 - Danar ~ PI: Berarti okklik ya pak utk bahasana bk malam ini bukan hanya tehnik tapi membantu teman2 kita jg belajar tentang tema kesadara dan kepedulian alam dari karya seni

4/6/18, 23:11 - Deskam ~ PI: Betul dan setujuh pke bgt mase. Seni bkn hny bhs visual semata tetapi bhs penyadaran kepada publik dr sebuah isu melalui pesan yg terwujud dlm kry.

4/6/18, 23:12 - Mozley 2 ~ PI: Kalo landscape..didalam ilmu background animasi... Warna juga bisa menunjukan prespektif... Jadi jauh dekat bisa di liat dr warna.. Soalnya aku dulu ikut bikin background film doraemon..saylormoon ...dragon ball dll

4/6/18, 23:13 - Danar ~ PI: Jadi nanti klu mb atun ditanya kolektor kenapa kok lukisan pemandangan jawab aja saya peduli dng lingkungan hidup dan ekosistemnya...jd karya landscape lebih memberi solusi utk generasi mendatang tentang berbagai macam bencana...

4/6/18, 23:14 - Mozley 2 ~ PI: Kalo jawabnya beda boleh?

4/6/18, 23:14 - Danar ~ PI: Itu pak yang menjadi kegelisan akyu dari tadi heee....
4/6/18, 23:15 - Danar ~ PI: Boleh sekali mas mozley justru itu yg mau kita tunggu pak...mongggo

4/6/18, 23:18 - Mozley 2 ~ PI: Kalo utk lukisan pemandangan.... Kita sesuaikan dgn kebiasaan pejabat negeri ini.  Mereka sdh pusing dgn urusan rapat2 dll soal negara.   ..nah.  Lukisan pemandangan biasanya yg mereka pilih kalo ke pameran.    .ini pengamatanku di setiap pameran lukisan di hotel2

4/6/18, 23:19 - Deskam ~ PI: Ini pak Mozley jg ahlinya pemandangan

4/6/18, 23:20 - Mozley 2 ~ PI: Ahli sih engga...cuma faktor kebiasaan dulu bikin bqckground film animasi....salah warna....kalo di shooting...jadi ga match dgn jalan cerita film nya

4/6/18, 23:20 - Deskam ~ PI: Lha, klo gt buatlah hal.itu.menjadi menonjol dan daya tarik paling utama

4/6/18, 23:20 - Andi Hermawan Art: Coba campur warna hijau + merah, hijau + oranye, Oranye +putih+hijau , Hijau+ cokelat ...spy hijaunya lebih matang ...campurnya yg agak berani...

4/6/18, 23:21 - Andi Hermawan Art: mas mozley

4/6/18, 23:22 - Mozley 2 ~ PI: Ini hasil pengamatan....pejabat2 kita sdh emoh mikir melihat lukisan2 yg njlimet ...jadi lukisan pemandangan ttp jadi favourite para pejabat

4/6/18, 23:23 - Deskam ~ PI: Yups... setiap kry sdh memiliki penggemarnya msg2 mas

4/6/18, 23:24 - Mozley 2 ~ PI: Ini pengamatanku di setiap hotel2
4/6/18, 23:24 - Mozley 2 ~ PI: Para pejabat itu suka pemandangan krna alasan utk refreshing

4/6/18, 23:25 - Jarot ~ PI: ..bukan berarti kita harus bikin lukisan  landscaping..ya Maz Moz..

4/6/18, 23:26 - Deskam ~ PI: Tetap...saat berkarya kembalilah pd hati nurani msg2

4/6/18, 23:26 - Mozley 2 ~ PI: Bukan harus.   Tapi kalo mau cepat laku.  Bisa  dicoba

4/6/18, 23:26 - Danar ~ PI: Sekali lagi sy sebagai moderator mohon maaf atas kekurangan pad acr BK mlm ini...dan sy juga menunggu masukan dan kritikan dari teman2 utk agar acara BK kedepan lebih menarikk lagi ya...

4/6/18, 23:26 - Aini Anik ~ PI: Kereeeennn....bravo untuk mb atoen n mas andi....abah,mas danar, mas deskam, mas mozley jg...keren masukanx

4/6/18, 23:27 - Deskam ~ PI: Sukses dan keren utk manteman semuanya disini...

4/6/18, 23:27 - Dwi Febri Sarianto ~ PI: Smuaa sdh dikurass abisss..  Mantap pokokee

4/6/18, 23:29 - Mozley 2 ~ PI: Sebab tidak dipungkiri...kita berkarya kan pasti pengin laku...memang benar setiap karya ada peminatnya masing2....tetapi kita kalo ingin laku juga hrs melihat selera pasar.

4/6/18, 23:30 - Danar ~ PI: Intinya ulasan2 yg sdh tersampaikan BK bukan berarti mendekte mb dan mas tapi sebagai bahan renungan utk tetap semangattt ya...
4/6/18, 23:24 - Danar ~ PI: Ok berarti utk acara diskusi BK malam ini sdh selesai ya...teman2 yg ingin lanjut diskusi mongggo....
4/6/18, 23:24 - Danar ~ PI: Sekali lagi tepuk tangan buat m atoen dan mas andi 


Terdiam

Comments

Popular

Streamy River

Bedah Karya

Majesty Of Nature

Pandangan Seni Lukis Oleh Widyo D Soeryo