Bedah Karya Pelukis Indonesia 2 ( Sesi 1 )

Bedah Karya 2.1
Nama Pelukis : Atoen Sugiarti
Judul Karya : Pesona Pinggir Desa
Media : Cat Minyak di Kanvas
Ukuran : 55cm X 70cm
Tahun : 2018

4/6/18, 20:10 - Danar ~ PI: Buat teman2 yg syahdu malam ini kita bedah karya kedua...mohon menyimak dan klu ada masukan buat teman yg di BK mohon disampaikan...
4/6/18, 20:11 - Danar ~ PI: Ini karyanya mb atoen
4/6/18, 20:12 - Danar ~ PI: Mohon disimak dulu biar gak lupa ya...
4/6/18, 20:13 - Danar ~ PI: Dan disini untuk lebih jelasnya nanti ada narasumber yaitu Abah...dan sebagai moderator ijinkan sy mb atoen utk bertanya ya...
4/6/18, 20:13 - Danar ~ PI: Siap mb atoen

4/6/18, 20:14 - Atoen ~ PI: Oke. Siap

4/6/18, 20:16 - Danar ~ PI: Ini lukisan tentang kerinduan mb atoen tentang alam desa mb kan...klu boleh tahu pasti ada kenangan didalam karya ini...kira2 bisa sedikit diutarakan seblm nanti abah akan berkomentar...

4/6/18, 20:19 - Atoen ~ PI: Ini gambaran pemandangan di alam pinggir desa di bukit Sekipan, daerah saya. Kemudian sy kembangkan dngn imajinasi sy sndri mas

4/6/18, 20:20 - Danar ~ PI: Mungkin selain kenangan dan kerinduan ada sesuatu yg ingin disampaikan mb...maksudnya mungkin terang hal2 bersifat peringatan atau pesan...tp klu gak pun juga gpp kok mb...
4/6/18, 20:22 - Danar ~ PI: Monggo mb atoen

4/6/18, 20:25 - Atoen ~ PI: Kehidupan yg selalu rukun, kerjasama dalam kebaikan,  kasih sayang yg tulus dalam kehidupan, dan juga rasa bersyukur akan ciptaan Tuhan adalah obat yg luar biasa dlm mengatasi problema kehidupan.
4/6/18, 20:26 - Atoen ~ PI: Itu aja pesan yg ingin sy sampaikan lwt lukisan sy

4/6/18, 20:29 - Danar ~ PI: Mungkin sekilas sy melihat karya ini ke suatu keheningan alam dng satwa liar burung blekok ya mb...utk mendalami kerukunan / kerjasama itu blm terasa ya...tp gpp mb...
4/6/18, 20:31 - Danar ~ PI: Mungkin sy lebih tertarik ketika lukisan ini menyampaikan terang isu-isu global tentang kerusakan alam / ekologi dng kemudian mb atoen menampilakn karya ini...itu klu menurut saya mb

4/6/18, 20:32 - Atoen ~ PI: Burung blekok adlh burung yg hidup bergerombol. Mereka selalu kompak,terbang selalu bersama-sm. Setahu sy burung ini juga gemar menolong. Mereka suka makan lalat dan belalang yg mengganggu tanaman2.
4/6/18, 20:34 - Atoen ~ PI: Disitu juga ada sebuah pohon tumbang. Namun bukan ditebang sih mas.

4/6/18, 20:35 - Danar ~ PI: Oke mb atoen... burung blekoknya kok pak berjauhan tidak saling berdekatan atau bercumbu...terkesan burungnya sibuk sendiri sendiri ya mb
4/6/18, 20:36 - Danar ~ PI: Mohon teman2 menyimak dulu ya

4/6/18, 20:37 - Atoen ~ PI: Itu burung blekoknya lg lapar mas... Pada saatnya nanti juga akur. Tp memang begitulah sebenarnya kehidupan burung ini. Pd dasarnya mereka unggas yg akur.

4/6/18, 20:38 - Danar ~ PI: Tapi secara garis besar lukisan ini menarik mb dan sdh memenuhi unsur2 alam...
4/6/18, 20:39 - Danar ~ PI: Atau landscape itu sendiri...
4/6/18, 20:40 - Danar ~ PI: Sekarang mungkin abah sebagai narasumber utk memberikan masukan yg berarti bua mb atoen...
4/6/18, 20:40 - Danar ~ PI: Monggo Abah...

4/6/18, 20:40 - Atoen ~ PI: Sy belajar melukis otodidak. Tidak tahu teori mas. Dan sy berharap masukan/ komentar itu menjadi perbaikan buat karya sy.

4/6/18, 20:42 - Danar ~ PI: Ok siap mb atoen semoga acara ini bisa meberikan sesuatu tentunya buat kita semua belajar tentang apa itu karya landscape ya mb...

4/6/18, 20:42 - Abah ~ PI: Bismillah
4/6/18, 20:43 - Abah ~ PI: Sebelumnya mohon maaf dengan para senior di grup ini saya di pilih oleh team utk jadi narasumber BK lukisan landscape...

4/6/18, 20:44 - Danar ~ PI: Njih Abahku...

4/6/18, 20:44 - Abah ~ PI: Semua yang mengenal abah pasti tau basic Pendidikan Abah bukan dari seni alias otodidak sama dengan pelukis yang mau dibedah malam ini
4/6/18, 20:45 - Abah ~ PI: Jadi aya gak pinter komentar ini itu yang saya tau praktek melukisnya
4/6/18, 20:46 - Abah ~ PI: Mbak atun karyanya udah bagus sekali bahkan lebih dari itu
4/6/18, 20:47 - Abah ~ PI: Abah disini gak akan mengritisi karya tapi ingin memberi masukan menurut pengalaman saya...
4/6/18, 20:47 - Abah ~ PI: Gimana mbak Atun

4/6/18, 20:47 - Danar ~ PI: Moderator setuju abah..monggo

4/6/18, 20:47 - Atoen ~ PI: Sy merasa masih bnyk kurangnya bah. Terutama lighting.
4/6/18, 20:48 - Atoen ~ PI: Monggo abah silakan

4/6/18, 20:48 - Abah ~ PI: Lukisan pemandangan itu membutuhkan banyak hal yg harus di perhatikan
4/6/18, 20:50 - Abah ~ PI: Pertama perspektif ketika sket, trs pewarnaan, semakin banyak warna yang dimasukkan semakin baik
4/6/18, 20:50 - Abah ~ PI: Trs pencahayaan
4/6/18, 20:50 - Abah ~ PI: Waktu pengerjaan butuh kesabaran
4/6/18, 20:51 - Abah ~ PI: Dalam 3 kategori yang di sampaikan mas danar diatas lukisan mbak atun masuk yang pertama
4/6/18, 20:52 - Abah ~ PI: Lukisan mbak atun itu  perlu waktu lagi utk tidak tergesa-gesa tanda tangan...

4/6/18, 20:53 - Atoen ~ PI: Bikinnya sambil njaga toko bah. Kdng ga sabar biar cepet selesai.

4/6/18, 20:53 - Abah ~ PI: Abah akan membenahi yang sudah mbak atun kirim lewat aplikasi yang aku punya dan bisa di bedakan hasilnya
4/6/18, 20:53 - Abah ~ PI: Itulah perlu waktu mbak...

4/6/18, 20:54 - Atoen ~ PI: Nggih bah.

4/6/18, 20:54 - Abah ~ PI: Coba mbak atun lihat sebelum dan sesudah abah benahi pencahayaannya
4/6/18, 20:55 - Abah ~ PI: <Media omitted>

Before
4/6/18, 20:56 - Abah ~ PI: <Media omitted>

After
4/6/18, 20:57 - Abah ~ PI: Bayangan airnya
4/6/18, 20:57 - Abah ~ PI: Detail ranting pohonnya yg perlu di tambah

4/6/18, 20:58 - Atoen ~ PI: Ini nih...

4/6/18, 20:58 - Abah ~ PI: Maaf Abah gak benahi burung2
4/6/18, 20:58 - Abah ~ PI: Kabut dibelakang diperlukan mbak

4/6/18, 20:59 - Atoen ~ PI: Iya abah.

4/6/18, 20:59 - Abah ~ PI: Mungkin ada yg perlu ditanyakan mbak atun
4/6/18, 21:00 - Abah ~ PI: Klo gak ada masuk sesi 2

4/6/18, 21:00 - Danar ~ PI: Teman2 tetap nyimak dulu ya..
4/6/18, 21:01 - Danar ~ PI: Monggo mb atoen klu mungkin ada yg perlu ditanyakan ke abah

4/6/18, 21:05 - Atoen ~ PI: Terimakasih abah atas pencerahannya. Lihat lukisan sy yg sudah direnovasi membuat sy ingin mencoba dan belajar banyak lagi dari abah. Penjelasan abah bagi saya sudah cukup singkat dan jelas.

4/6/18, 21:06 - Abah ~ PI: Oke mbak Atoen...  Gak sakit hati to kayak kata mami Sylvia

4/6/18, 21:07 - Atoen ~ PI: Hati sy jd semangat lagi malahan,  ngantuk sy ilang, dan pengin cepet memoles lukisan saya bah.

4/6/18, 21:07 - Danar ~ PI:  trimakasi abah yg ganteng utk ilmu yg disamapaikan..tentunya ini bermanfaat buat mb atoen n teman2 ya...

4/6/18, 21:07 - Aini Anik ~ PI: mar moderator...qt diijinkan nanya2 mbak atoen atau abah sebagai narasumber gak?waktux kapan???maaf memotong

4/6/18, 21:08 - Danar ~ PI: Sebentar yya anik

4/6/18, 21:08 - Abah ~ PI: Waktunya nanti setelah selesai aja mbak Anik...

4/6/18, 21:09 - Abah ~ PI: Abah keburu tidur

4/6/18, 21:09 - Danar ~ PI: Hiyo betul

4/6/18, 21:09 - Abah ~ PI: Lanjut sesias danar
4/6/18, 21:10 - Abah ~ PI: Mas

4/6/18, 21:10 - Anik ~ PI: Tepuk tangan utk mb atun

4/6/18, 21:10 - Danar ~ PI: Ok siap abah
4/6/18, 21:10 - Danar ~ PI: tangan tepuk buat mba atoen ...

4/6/18, 21:11 - Aini Anik ~ PI: Kereeen bravo mb atoen

4/6/18, 21:14 - Atoen ~ PI: Terimakasih buat teman PI, terutama buat abah, mas danar, mas deskam,  mbk anik, dan mbak amel yang telah meluangkan waktu dan pikirannya dlm acara bedah karya ini.
4/6/18, 21:18 - Atoen ~ PI: Terimakasih tepuk tangannya. Semoga kita bisa berkarya lebih baik lagi.

4/6/18, 22:06 - Aini Anik ~ PI: 1. pertanyaan buat mbak atun, siapa yg jadi pelukis favoritem atau acuan mbak atun dlm melukis landscape

4/6/18, 22:07 - Danar ~ PI: Sudah itu aja ya mb...monggo mb atoen

4/6/18, 22:11 - Atoen ~ PI: Sy dari dulu juga senang mbolang ke daerah pegunungan mbk.
Pertama lihat karya abah di medsos blm ada 2thn yg lalu,sy melihat karya abah begitu adem.ayem banget. Dari situlah smpe sy diam2 keliling2kota klaten hanya ingin tahu pemandangan daerah klaten yg dilukis abah seperti apa. Krn sy blm kenal abah waktu itu.
4/6/18, 22:16 - Atoen ~ PI: Satu lg landscapenya pak kuat casmoro mbak.. Wuih apik2 tp media pisau palet

Pesona Pinggir Desa

Comments

Popular

Streamy River

Bedah Karya

Majesty Of Nature

Pandangan Seni Lukis Oleh Widyo D Soeryo