Bedah Karya Pelukis Indonesia 1 ( Sesi 2 )

Bedah Karya 1.2
Nama Pelukis : Hasan Abdoellah
Judul Karya : Tawakal ( berserah diri kepada sang pencipta )
Media : Akrilik di Kanvas
Ukuran : 70cm X 95cm
Tahun : 2018


3/30/18, 21:14 - Danar ~ PI: Oke okeee lanjut lagi

3/30/18, 21:17 - Mora Siregar ~ PI: Ini karya saya tahun ini 2018
3/30/18, 21:18 - Mora Siregar ~ PI: Sbnernya ini kaligrafi gaya baru..
3/30/18, 21:18 - Mora Siregar ~ PI: Lebih populer dgn sebutan kaligrafi kontemporer

3/30/18, 21:18 - Danar ~ PI: Ok mas hasan
3/30/18, 21:18 - Danar ~ PI: Dilanjut aja

3/30/18, 21:19 - Mora Siregar ~ PI: Saya terispirasi gaya bginian karya saya liat bnyak kaligrafi tema itu2 saja..
3/30/18, 21:20 - Mora Siregar ~ PI: Size 95 x70 cm, Media kanvas, Cat akrilik, Tahun 2018, Judul " Tawakal " ( berserah diri kpd sang pencita),  Maksdnya dmnpun kita berada dihutan sekalipun kita harus menyadari kita dalam pengawasanNYA maka serahkanlah Semua masalhmu PadaNYA. Dan jgn Takut tersesat, Saya terispirasi dari kaligrafi kontemporer yg menghadirkan kaligrafi bebas tampa dibebani dengn kaedah penukisan yg monoton...tambahkan lukisan saya ini bernuasa alam yg menjadi niali tambah. Jadi bukan hanya menikmatin kaligrafinya tpi alamnya juga memberi warna..
3/30/18, 21:20 - Mora Siregar ~ PI: Ini saya Mohon maaf ya..knp temn2 yg non muslim..seblmnya saya udahinta izin ma panitian ..karna ini tema kaligrafi

3/30/18, 21:21 - Danar ~ PI: Mungkin kalau gak salah aliran gayanya mungkin naturalis spiritual ya mas..atau gimana

3/30/18, 21:21 - Mora Siregar ~ PI: Senjata oke
3/30/18, 21:21 - Mora Siregar ~ PI: Kaligrafi alam mas
3/30/18, 21:22 - Mora Siregar ~ PI: Atau kaligrafi kontemporer mas

3/30/18, 21:22 - Danar ~ PI: Kaligrafi alam mungkin ada referensi mohon dijelaskan dulu mas
3/30/18, 21:22 - Danar ~ PI: Maksudnya aliran atau gayanya

3/30/18, 21:22 - Mora Siregar ~ PI: Kaligrfi alam..maksdnya kaligrafi tapi begroudnya alam..
3/30/18, 21:23 - Mora Siregar ~ PI: Alirannya kaligrafi kontemporerlah..ngono lho mas
3/30/18, 21:24 - Mora Siregar ~ PI: Reperensi belum bnyak mas..
3/30/18, 21:24 - Mora Siregar ~ PI: Saya ngikutiin guru kaligragi saya di lemka dulu...

3/30/18, 21:24 - Danar ~ PI: Saya baru denger mas...tapi gak papa n bagus...kalau lihat alamnya ini lebih cenderung gaya naturalis tapi kemudian di kombinasi dng ayat2 suci apakah nanti ini tidak bertentangan mas

3/30/18, 21:25 - Mora Siregar ~ PI: Tidak mase..malah akan memberi warna baru..

3/30/18, 21:25 - Dharma ~ PI: Apa gak menyalahi kaedah dalam penulisan kaligrafi.
Setau aku ada 6 kadz dalam kaligrafi yang harus di pilih.

3/30/18, 21:26 - Danar ~ PI: Monggo  pak dharma saya kasih kesempatan yg lain mohon nyimak biar m hasan gak bingun menjelaskan ya

3/30/18, 21:26 - Mora Siregar ~ PI: Bagus pak darma..nah biasanyakan kaligrafi itu ada kaedah penukisannya
3/30/18, 21:27 - Mora Siregar ~ PI: Nah saya ini membawa kaligrafi bebas tamaoa ada ikatan aturan penukisan yg penting dia membntk huruf tertntu jadila itu
3/30/18, 21:28 - Mora Siregar ~ PI: Dah sya yakin sebagain org belum bisa menerima gaya ini..

3/30/18, 21:29 - Danar ~ PI: Apakah huruf ini akan berbeda maknanya ketika diaplikasikan dalam perspektif gambar mas

3/30/18, 21:29 - Mora Siregar ~ PI: Bentuk huruf tidak mengobah arti mas e
3/30/18, 21:30 - Mora Siregar ~ PI: Coba temn2 PI bisa ketik di google kaligrafi kontemporer bakalan ketmu deh

3/30/18, 21:30 - Danar ~ PI: Bagus itu takutnya bisa berubah makna n arti dan butuh kehati hatian ya
3/30/18, 21:30 - Danar ~ PI: Oke siep

3/30/18, 21:31 - Mora Siregar ~ PI: Siap mas..saya besiknya arab mas..jadi saya paham bner alhamdulillah 7 thun mondok 7 thun kuliah saya paham beneer

3/30/18, 21:32 - Danar ~ PI: Sebenarnya point utama mas bagaimana dasar mungkin gaya kaligrafi alam ini bisa lebih terhubung dng aliran yg sudah ada sebelumnya mas...biar nanti kita juga bisa mengerti dng jelas konsep n idenya

3/30/18, 21:35 - Silvia Andriani _ PI : Jenis ini kaligrafi kontemporer yg sangat bagus sekali 

3/30/18, 21:35 - Mora Siregar ~ PI: Ya karna dia masih kategori kligrafi ya masuklah dia..cuma ini aliran baru ..( kaligrafi kontmporer) jadi menurt saya nyambung aja mas
3/30/18, 21:36 - Mora Siregar ~ PI: Ya saya merasa van goh abad ini..hheheh

3/30/18, 21:36 - Danar ~ PI: Arti kontemporer menurut mas mora bisa lebih dijelaskan

3/30/18, 21:36 - Mora Siregar ~ PI: Manteb..kontmporer mkadnya mas..ke kinian
3/30/18, 21:37 - Mora Siregar ~ PI: Karna kaligrafi yg biasa itu namanya kaligrafi kalsik
3/30/18, 21:37 - Mora Siregar ~ PI: Saya buat sample ya

3/30/18, 21:38 - Danar ~ PI: Monggo pak ketum berikut tadi penjelasan dari mas hasan...kalau mungkin ada yg perlu ditanyakan atau masukan...

3/30/18, 21:38 - Deskam ~ PI: Kry yg menarik buat sy. Scr tulisan jujur sy tdk mengerti tulisan arab, jd utk ketepatan tulisan sy tdk berani memberikan respon apapun. Yg pst, saran utk semua manteman yg ingin berkecimpung dlm dunia kaligrafi, mohon pstkn memahami, mengerti scr detail tulisan yg dibuat terutama tulisan arab ato tulisan yg diambil dr kitab auci, spy tdk adanya distorsi bhs ataupun pengertian. Jd, ketepatan tulisan monggo tanyakan ke org yg lbh phm dan memahaminya. Sy hny akn menilai dr sisi seninya sj, diluar kebenaran dan makna tulisannya.

  1. Utk airnya mas. Ide cb diauguhkan mas mora menurut sy ckp menarik dan bs dibilang lumayan baru, walaupun sblmnya sy prnh liat bbrp kry yg sejenis ini dlm sebuat perhelatan pameran, tp sy pkrntdk mslh sich, yg ptg ttp menawarkan ide segar. Utk airnya mas, sy rasa akn lbh menarik apabila air ya wrnnya kebiruan ato kalo memungkinkan buatlah efek transparan air, jd batu2an di kali akn lbh terlihat jls, efek transparan akn membantu menberikan efek segar pd suasananya, sementara efek airnyg mas buat terasa air yg krg jernih. Klopun ada efek kehijauan, tp kehijauan itu krn lumut pd baru, bkn pd air, kehijauan pd air menunjukkan air yg keruh, sementara hutan yg mas buat seharusnya bs menggambarkan kesegaran suasana kesegaran. Lha, bagian pd hijau utk membuat unsur segar ini mas prl hati2, klo slh penempatan wrn hijau akn memberikan efek yg bwrbeda, sprt yg synungkapkan diatas td. 
  2. Utk btk pohon dan tulisannya menarikdgn memodifikasi pohon mwnjadi tulisan, tapi menurut ay tulisannya terlalu lurus sprt batang pohon yg ditata dgn sengaja, sementara hutan lbh menarik dan terkesan lbh alami srt liar apabila tdk tertata tp ditata (semoga phm maksud sy). Didpn pohon yg adabtulisannya bs diberi pphon2 kcl yg sedikit menutupi ataupun diberi batu2an yg agk menutupi objek tp ttp pohon tukisannya bs menjadi objek utamanya. Efek jamur pohon ato lumur pohon hutan tropis akn menambah suasana segar dan teduh lukisan, krn hutan yg mas buat sprtnya hutan tropis, otomatis hutan basah, tetapi prl diingat, posisi timur dmn utk menentukan lokasi jamur pohon. Prl diperhatikan hal2 sepele sprt itu, walaupun sepele hal tersebut akn memberikan bantuan efek pd kry scr keseluruhan. Jgn lupa, efek sebuah kry berasal dr setiap bagian2, bhkn yg sepele dan sederhana sxpun akn memberikan dampak yg bsr bagi keseluruhan kry. Utk bagian lbh detail dan lengkap scr teknik dll, mas Danar dan Abah jg mas Mozley, sy rasa lbh phm dan bs menjelaskan lbh tepat baik scr bentuk, proporsi, efek cahaya, kesdetailan srt kedalaman btknya, sy hny gambaran kasarnya sj.
  3. Daun pd pohon jg mas, dimensi bagian bagian dpn dan belakang daunnya msh krg terasa "menggigit". Cb, ksh efek jarak antara daun yg ada dipohon bagian dpn dan bagian belakang sehingga ada dimensi yg lbh terasa pd hutannya. Daunnya jg msh terasa klo tertata sx, seharusnya daun di hujan itu berantakan mas.
  4. Sy sgt tertarik dgn rantin disungai yg tersangkut dibatuan pd bagian kanan, sy rasa itu mlh sebuah kejutan dlm kry mas ini. Ranting yg tersangkut itu sgt mengejutkan kry mas bs menghadirkan ranting yg tersangkut, lha mskn sy buat rantingnya, kerjakan scr detail mas, jgn cm dibuat asl lewat sj mas. 
  5. Efek cahaya pd bagian ini sprtnya mas prl lbh buat scr serius. Menurut sy, itu lbh asyik klo efek kabut mas, akn terasa lbh menyejukkan dlm kry ini. Wrn biru yg mas buat terlalu mendadak munculnya dan jd terasa lepas dr objek lainnya dan ini mlh manjadi bumerang buat kry mas. Cb, mas cari referensi lg utk bagian2 sprt ini. Abah atau mas Danar jg pak Mozley phm soal efek kabut. Lihat efek kabutnya abah...sy rasa itu cantik bgt mas, bs jd bhn referensi pembelajaran yg tepat, soal caranya, monggo lsg japri yg bersangkutan.
  6. Tulisan arab dibawah itu mas. Entah ya...maaf sblmnya, buat sy itu kok krg layak ya? Klo ini sebuah doa sy rasa penempatan tulisan itu jgn dibawah mas? Berikan porsi yg seimbang dgn tulisan yg lainnya. Kalo dibawah semuanya dibawah, kalo diatas ya diatas semua. Klo mmg mau membuat sebuah komposisi yg agk beda, buatnya agk lbh diperhalus lokasi ya mas, krn itu dibawah klo utk sebuah ayt dlm kitab suci mu gkin krg enk dipandang, kecuali itu sebatas kata2 biasa ato kiasan sj sy rasa g mslh, kembali lg, sy tdk phm otu tulisan apa jd sy tdk mau memberikan komentar lbh jauh. Maaf utk bagian ini, sy krg phm.
  7. Pd bagian ini mas, sprt dl sy pernah ksh mskn ke lukisab mas yg pemandangan, tanaman ini sprtnya sgt menarik buat mas Mora, segingga hadir dgn ckp intens pd kry mas. Sy rasa ini mlh menarik utk dikaji lg dan diperkuat lg. Klo mas bs tau detai ttg tanaman ini, sy saeankan mas memiliki referensi ttg tanaman ini spy mas bs lbh detail menggarap tanaman ini, bkn hny sebagai pelengkap objek sj, tp bs menjadi bagian dr keutamaan objek sehingga saat menonjol tdk lg terlepas dr objek utamanya. Wrn yg mas buat kn cenderung terlalu kuat dan mlh mengganggu wrn lainnya. Ato bs jad proporsi tanamannya yg prl diperhitungkan ulang mas, sehingga bs memperindah daya tarik lukisan tp tdk mengganggu objek utama ato poin of interest dr objek utama. Jgn dilupakan, objeknutama mas Mora ada pd tulisannya, brrt pohon hrs lbh menonjol tp tdk blh menghabisi objek pendukungnya jg, jd menurut sy pemenmapatan proporsi lbh dibuat seimbang. 
  8. Utk pemahaman ttg kontemporer, mungkin prl dikaji lg utk istilah kontemporernya mas, krn makna kontemporer bs jd ambigu ataupun ko tradiktif disini. Pemahaman kontemporer sebenarnya sgt menarik utk dibahas tp itu tema diskusi lain wkt sj, tetapi prl digaris bwhi, kontemporer akn melakukan pembongkaran dr byk pakem dan aturan lho mas, lha apakah mas sdh melakukan pembongkaran itu, krn ini msh dlm ranag keagamaan, agr riskan memasukkan istilah kontemporer dlm pemahaman kry kaligrafi mas Mora. Kontemporer bkn sj hny soal bentuk, tp sampai pemberontakan isi sampai pd konsep.pemahaman pd sesuatu dan itu ba jd bumerang kalo tdk hati2.

Mungkin kira2 itu mas. Ini mskn sj, apabila ada yg krg berkenan sy mohon maaf dan silahkan ambil yg dirasa mmg benar, klo krg tepat abaikan sj mas. Lha wong aq jg gak iso nglukis je mas ‚ apalagi kaligrafi arab 

3/30/18, 21:39 - Danar ~ PI: Aduhh ampek kaget ak pak...

3/30/18, 21:39 - Deskam ~ PI: Dawo...wes tak siapke sebulan yg lalu

3/30/18, 21:42 - Danar ~ PI: Mungki Abah bisa memberikan masukan n kritik utk masalah tehniknya atau mungkin sesuatu yg berhubungan dng karya mas hasan....monggo abah
3/30/18, 21:42 - Danar ~ PI: Wes turu rung yo...td yen goro2 srh bangunin ke...

3/30/18, 21:44 - Danar ~ PI: Hadewww sory abah...

3/30/18, 21:45 - Amel ~ PI: Setau aku ini memang aliran kaligrafi kontemporer

3/30/18, 21:48 - Danar ~ PI: Ya mungkin masukan dari pak ketum juga bisa jadi bahan pertimbangan mas mora bahwa konsep n teori kontemporer itu tidak hanya pada bentuk2 yg gak biasa tapi juga makna yg terkandung didalamnya...sebagai masukan biar tambah mantep karyanya

3/30/18, 21:48 - Deskam ~ PI: Istilah kontemporer prl ditwrjemahkan lbh jauh lho. Kontemporer bkn hny mslh kekinian sj, tp byk aspek penterjemahan dlm sebuah kry seni. Klo hby membaca kontemporer dr kulitnya akn jd ambigu dan kontemporer itu penterjemahannya sgt meluas. Itu soal kpntek wkt lho, lan wkt sdr bs menjadi sgt abstrak krn bs berdasarkan sudut pandang sosial, budaya dan masanya. Gmn cb? Bkn cm soal bentuk yg bwrbeda sj lho

3/30/18, 21:48 - Mora Siregar ~ PI: Waw..pauuuanjang abia...tapi saya paham mas deskam..saya baru dalm dunia seni rupa ini..baru 4 tahuann la ya..ide2 dan masukan mas lumayan..masalh makna kaligrafinya serahkan kesaya..dan ayat yg saya buat di bawah itu bkan penghinan karna dia tidak ada bntuk pelwcehan disitu...malsalh air dan pohon all good..and thaks for commnt
3/30/18, 21:49 - Mora Siregar ~ PI: Siap mas..ini sbnrnya saya g enak juga tadi..storan karya bertme agama bgini..cuma panitian bilang tidak apa ya jadilah ni dia

3/30/18, 21:49 - Deskam ~ PI: Siyap mas...soal kaligrafi sprt diawal tulisan sy tdk mau komentar krn sy tdk phm dan bkn ranah sy

3/30/18, 21:50 - Deskam ~ PI: Soal kry yg kaligrafi sy rasa tdk ada mslh mas, kry kn pengalaman personal.setiap org, jd kalo ini mmg aebuah kry g ada mslh to

3/30/18, 21:50 - Mora Siregar ~ PI: Siap mas..sya bukan yg pertama buat ini..cma masih baru dan aneh mungkin ya..ya beneran kayak van goh abad ini saya hehehe

3/30/18, 21:51 - Deskam ~ PI: Itu yg sy maksud mas

3/30/18, 21:52 - Mora Siregar ~ PI: No problem..masalh pencahyaan trus terng masih baljar sya..baru 4 thunan melykis

3/30/18, 21:53 - Minda ~ PI: Moderator udah boleh interupsi?

3/30/18, 21:53 - Danar ~ PI: Perlu proses lagi pematangan tehnik ya mas

3/30/18, 21:53 - Silvia Andriani ~ PI : Dengan figur pohon2 yg vertikal membentuk repetisi yg rapi, kesan yg tertangkap pada lukisan itu adalah ketenangan yg luar biasa..tepat sekali dengan tema nya
Untuk proses *kebebasan berekspresi*agar maksimal, menurut saya tidak usah di kaitkan dengan aliran...hehehe...itu menurut saya lho

3/30/18, 21:53 - Danar ~ PI: Monggo bung minda

3/30/18, 21:54 - Mora Siregar ~ PI: Say biasa mas di kritik..dan siap mmdegarkan

3/30/18, 21:55 - Amel ~ PI: Setau aku kl nganter anak2 lomba kaligrafi,selalu ada 2 mas,kaligrafi murni yg sesuai dgn  rumus2 khat yg baku,yg sudah ada jenis dan alirannya,yg kedua kaligradi kontemporer,yaitu jenia kaligrafi yg di indah2kan,di lukis,diberi variasi,bahasa awamku gitu lah

3/30/18, 21:55 - Mora Siregar ~ PI: sbnarnya gtu..mbk tpi kalo d tanyakn ya harus tau..hahah
3/30/18, 21:55 - Mora Siregar ~ PI: Manteb

3/30/18, 21:55 - Deskam ~ PI: Mslhnya.mas mora mengaitkan krynya dgn kontemporer oma, jd mau gak mau akn berkaotan dgn aliran

3/30/18, 21:56 - Minda ~ yg mau saya tanya maaf kenapa di bagian pohon objek utama (kaligrafi) nya di ranting2 pohon nya itu polos gak dikasih daun? Jadi sekilas kaya akar? 

3/30/18, 21:57 - Mora Siregar ~ PI:  mas deskam lepas aja ngomngnya...aduhh ojo wedi masi..iki roket tinggal pencet langsung meluncur hahaha

3/30/18, 21:58 - Mora Siregar ~ PI: Yg bnetuk ع ya..?..agar bentuk hurupnya jelas mas..kepikrannjuga  t buat daun..tpi g jadi

3/30/18, 21:58 - Danar ~ PI: Dng aliran dan konsep sebenarnya bisa membantu utk mencari karakter secara idialis bu agar supaya kebebasan berekspresi itu tidak kabur dan bisa dikenalin karyanya secara personal...kalau cuma bebas siapa aja bisa kok bu dan lebih gampang...masalahnya melukis itu jg perlu konsiten dng aliran dan gaya konsep biar gak gampang pindah2 akhirnya malah merugikan waktu dan tenaga ...menurut saya seperti itu bu

3/30/18, 21:58 - Silvia Andriani ~ PI ¬: Bagus juga...ini juga membuat diskusi semakin gayeng 

3/30/18, 21:59 - Dwi Febri Sarianto ~ PI: Bacanya apa ya itu mas?

3/30/18, 21:59 - Amel ~ PI: Baru mau tak panggil,kirain dah momoyyy

3/30/18, 22:00 - Silvia Andriani ~ PI ¬: Siip...ulasan yg bisa diterima, good..

3/30/18, 22:02 - Minda ~ PI: Ya pohon yg pas lafadz Allah nya itu mas...maaf tadi liat fokus kesitu jadi kaya yg rontok daun nya...

3/30/18, 22:03 - Deskam ~ PI: Mas mora pelajari lg soal seni kontemporer, spy lbh dlm mengartikannya. Cm pelajari seni kontemporer yg diluar kaligrafi, jd bs memberikan referensi lbh mendalam. Krn, menurut sy ini blm memiliki ras kontemporer, msh sgt naturalis dan kaligrafi sx. Lha, klo kontemporer yg mas mora blg krn sisi biasanya hny tulisan sj tnp menggabungkan dgn kry naturalis, sy rasa msh blm sampai pd tahan kontemporer dlm dunia seni lukis. Didlm kry mas mora blm ada pembongkaran bentuk, ide, konsep maupun pencapaian hal yg keluar dr pakem acr ekstrim, lha ini yg sy rasa prl dikaji ulang. Kekontemporeran sgt bersangkitan dgn ide dan konsep sebuah kry, mlh srg x dia meninggalkan bentuk2 konvensional dan obejk2 konvensional yg dikenal olh msyarakat selama ini, sementara mas mora msh menggukan btk2 dan ide2 konvensional yg sdh ada.
3/30/18, 22:03 - Danar ~ PI: Intinya diskusi bedah karya ini membatu semua anggota yg blm paham tentang dasar2 konsep aliran dan gaya biar kita bisa membantu menemukan jadi biar setiap karya anak2 pi ini lebih bisa dijelaskan dipertanggung jawabkan dan kebebasan bereksprisi menurut saya juga tidak asal coret2 dan kemudian dipamerin ketika orang nanya kok gak nyambung tema dan visual karyanya

3/30/18, 22:04 - Mora Siregar ~ PI: Ooh yg itu iy sengaj tu mas..biar pohonnya keliatan tinggi..iti cma ranting2 kecil

3/30/18, 22:06 - Minda ~ PI: Ok...makasih penjelasan nya tadi...

3/30/18, 22:06 - Mora Siregar ~ PI: Yup ia bner mas..kurang lepas lagi ya.ia bner saya lagi berproses ni..

3/30/18, 22:06 - Amel ~ PI: Karna itu bertentangan dan nabrak dengan pakem penulisan kaligrafi mas des

3/30/18, 22:06 - Deskam ~ PI: Lha ini yg sy maksud prl.mengkaji ulang. Jgn krn mengetik kontemporer trus keluat gbr itu di mbah google lalu bs dianggap bhw itu pat kontemporer. Glmbah google hny menampilkan objek yg didalamnya ada narasi kontemporer, klo lukisan realis tp ada narasi kontemporer, maka.mbah google akn menampilkannya jg saat kita mencari kata kontemporer. So, phmi ulang arti kontemporer dlm konteks lbh dlm di kesenian.

3/30/18, 22:06 - Danar ~ PI: Monggo teman teman klu ada masukan buat mas hasan

3/30/18, 22:07 - Deskam ~ PI: Itu br 1 aspek lho mbak amel...aspek lainnya? Krn 1 aspek 1 bs menjadikan sesuatundipahami acr utih, kpntemporer memiliki sudut pemahaman yg sgt absurd


3/30/18, 22:08 - Mora Siregar ~ PI: engge mas...serangannya mulai...siap..namanya baru belajr mas..hehe

3/30/18, 22:09 - Amel ~ PI: Kl pehamahan aku hanya dalam dunia lomba saja,jd untuk penjelasan akademiknya kurang faham sih,selalu seperti itu,murni dan kontemporer
Ikut nyimak ahh,pasti ada ilmu baru disini

3/30/18, 22:10 - Silvia Andriani ~ PI: Menarik ini...kebebasan berekspresi tidak berarti bebas sak karepe dewe, tapi tetap punya konsep yg jelas dan karakter pribadi yg mantap..tul gak mas. ?

3/30/18, 22:11 - Mora Siregar ~ PI: Ahhah saya kuliah jurusan fiqih perndingn mazhab mas..beljr ngelukis cm dari youtube..kligrafi kursus

3/30/18, 22:11 - Deskam ~ PI: Kontemporer dlm lomba srg x hny digunakan utk tpt jualan...marketong gtlah

3/30/18, 22:11 - Abdurrahman Wahid ~ PI: mas mora pernah ke lemka???

3/30/18, 22:12 - Deskam ~ PI: Youtube itu guru berharga kok

3/30/18, 22:12 - Dwi Febri Sarianto ~ PI: Baru pulang...bingung mau komen apa..  nyari2 bahan.  Kalau nemu. baguss sii lanjutkan.  Saran2 diatas uda bagus

3/30/18, 22:12 - Mora Siregar ~ PI: Ia pernh lemka ciputt

3/30/18, 22:12 - Danar ~ PI: Betul bu silvie... tapi suatu konsep jg pasti tidak lepas dari sebuah aliran dan kecendrungan gaya tertentu sehingga orang bisa menganalisa utk kemudian menjadi teori...bagussss bu
3/30/18, 22:13 - Danar ~ PI: Teori baru maksudnya

3/30/18, 22:13 - Mora Siregar ~ PI: Yup alirn itu ibarat film genrenyalh ya..

3/30/18, 22:13 - Didit Sardjo ~ PI: Mohon maaf kalo menurut saya ini bukan kaligrafi kontemporer, tetapi kaligrafi expresionisme, ..... Beda ya antara kontemporer dan expresionisme

3/30/18, 22:14 - Mora Siregar ~ PI: Wah qoul jadid..

3/30/18, 22:14 - Deskam ~ PI: Tp sy salut sm mas mora, berani melakukan sesuatu yg diluar kebiasaan. Mskn ini semua utk saling berbagi ilmu manteman semuanya...bkn utk.menjatuhkan siapapun  jua

3/30/18, 22:14 - Danar ~ PI: Monggo pak didit kalau menambah penjelasanya ...mohon teman2 tetap menyimak ya

3/30/18, 22:15 - Amel ~ PI: Ditunggu pak didit

3/30/18, 22:16 - Danar ~ PI: Setuju pak ketum dan tentunya jg tidak menina bobokan teman ya 

3/30/18, 22:16 - Silvia Andriani ~ PI: Betul juga...wah malam ini aku dapat ilmu yg luar biasa...
Ini yg membuat aku kerasan di grup Pi 

3/30/18, 22:17 - Didit Sardjo ~ PI: Iya karena jelas sekali penonjolan kaligrafinya secara expresif, sedangkan tajuk pohon agak kurang ditonjolkan

3/30/18, 22:17 - Mora Siregar ~ PI: Sya siap mas..saya ngerasa kalo cma yg buat yg biasa dilakukan org g ada tantangan...g bernai tampil beda..mungkin diawal dia di hujat..karna tidak sensui dngn org kebnyakn...tpi karya dia bisa melampaui eranya..kan luar biasa bgt..

3/30/18, 22:18 - Danar ~ PI: Semuanya saling belajar dan bahu membahu utk kepentingan semua teman2 dan kelak suatu hari menjadi pelukis hebat hebat ya bu..

3/30/18, 22:18 - Mora Siregar ~ PI: Sya bru dger mas..ilmu baru ini

3/30/18, 22:18 - Dwi Febri Sarianto ~ PI: Boleh nanya dikit /kash masukan... Tp kalaau salah mohon dmaafkan ya..  Blm bgtu paham aliran bginian. Ya sama2 blajar. 

3/30/18, 22:18 - Danar ~ PI: Monggo mas dwi silahkan

3/30/18, 22:19 - Deskam ~ PI: Ekspresionis dgn ekspresif beda lho pak...ekspresif blm tentu alirannya ekapresionisme

3/30/18, 22:19 - Didit Sardjo ~ PI: Sedangkan hutan srcara keseluruhannya menjadi focus lukisan, tapi batang kayu kaligrafi yang sangat menonjol

3/30/18, 22:19 - Abdurrahman Wahid ~ PI: sya pernah dilemka sebentr, walaupun cuman jadi asdos matkul kaligrafi untuk jurusan,b.arab di UNJ, disana pengkategorian karya kontemporer berlaku umum untuk karya kaligrafi diluar kaligrafi tradisional... mungkin ini yg mempengaruhi landasan berkarya mas mora dan pemahamannya atas karya kaligrafi kontemporer...

3/30/18, 22:19 - Mora Siregar ~ PI: Yoi mas...saya dah coba pindah ke yg lain tpi balik kesitu lagi

3/30/18, 22:20 - Deskam ~ PI: Gpp mas...brrt jiwanye amang disiru

3/30/18, 22:20 - Amel ~ PI: Aku taunya juga gini

3/30/18, 22:20 - Dwi Febri Sarianto ~ PI: Jdulnya tawakal..  Artinya berserah diri kan?? 
Kenapa kaligrafi itu di suguhkan bersama background yg indahh.?? Knpaa ga background bencana atau apaa gtu.

3/30/18, 22:20 - Deskam ~ PI: Lha...istilah kontemporernya prl dikaji ulang dlm tataran seberapa kekontemporerannya mas

3/30/18, 22:20 - +62 812-1153-xxxx¬: Setau saya yg dimaksud dengan kaligrafi kontemporer itu kaligrafi yang "keluar" dari kaidah penulisan kaligrafi seperti naskhi, tsuluts, diwani, khoufi riq'ah atau kaidah2 klasik lainnya...

3/30/18, 22:20 - Danar ~ PI: Monggo mb efreee sepatah dua patah buat motivasi mas mora

3/30/18, 22:21 - Mora Siregar ~ PI: Betul mas e..karna tidak berkaedah ya bebas gtu..

3/30/18, 22:21 - Danar ~ PI: Ehhh kok mora ...hasan ya
3/30/18, 22:22 - Danar ~ PI: Masukan yg bagus juga itu bung hasan...tambah ide lagi kan

3/30/18, 22:22 - Dwi Febri Sarianto ~ PI: Q bahas segi konsep aja yaa.  Ga mau bahas yg lebh mnjurus ke agamanyaa

3/30/18, 22:23 - +62 812-1153-xxx: Yups....masukan bagus...dan jarang terfikirkan

3/30/18, 22:23 - Danar ~ PI: Loh ada lagi ini sanggahan tentang makna kontemporer ...bagusss

3/30/18, 22:23 - Mora Siregar ~ PI: Waw manteb. berserah diri itukan g hrus ada bnecna dimna pun semu hru serahkan pdaNYA.. semua seng d bahgia.ini yg saya pahami mas..klo saya ya hehh

3/30/18, 22:23 - Danar ~ PI: Betul

3/30/18, 22:24 - Mora Siregar ~ PI: Ini say bingung ni..mo dikirm bjoka pa ruda ni heh

3/30/18, 22:24 - +62 821-2236-xxx: nah iya masdes... dlm konteks kaligrafi tradisional, keluar pakem soal jenis huruf aja, udh masuk kontemporer...masih sesimpel itu.. agak miss  di istilah kontemporer aja

3/30/18, 22:26 - Mora Siregar ~ PI:  say ambil tema hutan karna. Saya suka melukis pohon mas...dan pertmana saya liat itu dari phon temanya..mungkin kedepannya bisa yg lain juga....terus berproses

3/30/18, 22:27 - Dwi Febri Sarianto ~ PI: Kalaau background indahh pemandangan.  Knapa lafalnya ga alhamdulillah.? Jd bersyukur.  Kalau tawakal kan kita uda posisi berserahh.  Sudh ga bisa apa2 . Cm berserah.  Laahh kalaau pemandangan indah backgroundnya..  Mgkin sbgian orang ada yg menilai gtu.. Termasuk sayaa. Mklum dulu cm buat kaligrafi waktu porseni.  Ga pke konsep gtu2an.yg mnygkut alam. 

3/30/18, 22:27 - Deskam ~ PI: Lha...mungkin bagian ini yg ptl.kita luruskan. Kontemporer dlm ranah mn nich pembahasannya? Krn hrs dipisah kekontemporerannya

3/30/18, 22:27 - Mora Siregar ~ PI: Nomer aja mas...isinya junk hehehehe
3/30/18, 22:28 - +62 812-1153-xxx: Jadi kalo di event MTQ yg khusus khath...Biasanya ada cabang Naskah, Dekorasi, Sama sampul qur'an, Dimana disitu diwajibkan minimal bisa mengakomodir 5 macam kaidah khath...., Nah yg diluar (tidak ada salam kaidah) maka disebut sebgai kaligrafi kontemporer.... Utk tema atau seperti apa racikan goresannya tidak terlalu mengikat.... Disesuaikan dg daya imaginasi si khathath itu sendiri.... (Kalo saya nggak salah memahami)

3/30/18, 22:30 - Mora Siregar ~ PI: Itu dah biasa mas al hamdukillha subhanalloh..

3/30/18, 22:31 - +62 878-3966-xxx: Tetap smangArt mas Mora, dsini kita saling belajar dan mencari ilmu bersama2

3/30/18, 22:32 - Deskam ~ PI: Ini sdh selesaikan mas bebeb? Ato.mau.ljt acr bebas?

3/30/18, 22:32 - Danar ~ PI: Ok man teman utk bedah karya mas mora sdh sampai disi ya

3/30/18, 22:33 - Anik ~ PI: Tepuk tangan buat mas Mora

3/30/18, 22:33 - Mora Siregar ~ PI: Wah tentunya mbak ee..hehe masa dikrit patah semngat...sata makin lanjut..karna mereka ngrerasa ini baru...

3/30/18, 22:34 - +62 821-2236-xxx: kata penutup dong dri mas mora sbgai seniman atas bedah karya perdana ini.... , bener perdana kan?

3/30/18, 22:35 - Deskam ~ PI: Bedah perdana kry ke 2 mas

3/30/18, 22:35 - Danar ~ PI: Dan menurut saya mas hasan secara konsep dan ide karya sudah tersampaikan disini dan mungkin banyak masukan dari teman2 sekiranya ini jadi bahan perenungan dan atau munkin evaluasi utk karya2 berikutnya ya...dan kalau bisa tetap konsisten dng karya seperti ini dan mungkin tehnik jg perlu lebih dimatangkan.....kayaknya bener nich van goghnya indonesia..
3/30/18, 22:37 - Danar ~ PI: Mana nichhh tepuk tanganya teman2 buat mb endah n bung mora...

3/30/18, 22:38 - Mora Siregar ~ PI: Ya semog kita di group ni bisa saling meberi masukan..apapun kat2 merka yakinlh maksd mereka itu baik untk kedepan karya saya...harusnya maslah saya nyawer 100.000 per orang ni..maju

3/30/18, 22:38 - Deskam ~ PI: Buat mbak Endah mas mas Mora...kaliar luar biasa 

Tawakal ( berserah diri kepada sang pencipta )

Comments

Popular

Streamy River

Bedah Karya

Majesty Of Nature

Pandangan Seni Lukis Oleh Widyo D Soeryo