Bedah Karya Pelukis Indonesia 1 ( Sesi 1 )

Bedah Karya 1.1
Nama Pelukis : Endah Pribiandari
Judul Karya : Teman
Media : Akrilik di Kanvas
Ukuran : 40cm X 50cm
Tahun : 2018

3/30/18, 20:07 - Danar ~ PI: Mb endah mohon untuk menyampaikan sesuatu tentang karyanya dan mohon teman utk bisa fokus ya

3/30/18, 20:07 - Deskam ~ PI: Sy sebagai nara sumber dan mas bebeb danar sebagai moderator. 
Bedah kry segera dimulai.

3/30/18, 20:07 - Danar ~ PI: Monggo mb endah

3/30/18, 20:08 - Deskam ~ PI: Monggo mbak endah yg lukisannya endah

3/30/18, 20:09 - Endah Pribiandari ~ PI: Selamat malam semuanya.....karya ini terinspirasi dari boomingnya social media. Jaman sekarang pertemanan lebih banyak dari dunia maya..mungkin ini sedikit cerita dr karya sy

3/30/18, 20:10 - Danar ~ PI: Oke mb endah..kira2 utk karya ini tergolong dlm aliran n gaya apa mb?

3/30/18, 20:12 - Endah Pribiandari ~ PI: Alirannya klo menurut saya mungkin campuran abstrak & surelism...krn tekniknya sy buat dr coretan spontan & dleweran cat yg sy kembangkan sesuai imajinasi.

3/30/18, 20:12 - Danar ~ PI: Sebagai moderator ijinkan saya berdiskusi dulu dng mb rndah dan sekiranya sdh jelas nanti baru nara sumber memberikan masukan
3/30/18, 20:14 - Danar ~ PI: Oke siep...campuran abstrak dan surealis kira kira mb ada tokoh yg mungkin menjadi acuan utk sementara ini

3/30/18, 20:15 - Endah Pribiandari ~ PI: Klo tokoh yg persis aliran ini mungkin bkn cuman senang liat karyanya..hank ma  & bpk abdus salam yg dr madiun

3/30/18, 20:19 - Danar ~ PI: Mungkin aliran n gaya seperti ini mb endah sdh paham tentang konsep dan aliran tentang abstrak, kemudian digabungkan dng surealis...dan ini kemudian melatar belakangin terciptanya karya ini

3/30/18, 20:20 - Danar ~ PI: Karena menurut saya setiap aliran / isme pasti ada konsep yg berbeda beda ..

3/30/18, 20:20 - Endah Pribiandari ~ PI: Terima kasih pak

3/30/18, 20:21 - Dharma ~ PI: Tapi aku jujur dan terus terang gak ngerti dgn aliran bu endah. 
Dari pada sok tau, makanya aku duduk manis nyimak ya...

3/30/18, 20:22 - Danar ~ PI: Ok siep mb endah gpp semua perlu proses jadi tetap semangat...
3/30/18, 20:23 - Danar ~ PI: Berikutnya monggo nara sumber utk memberikan masukan2 yg bisa berguna buat mb endah...

3/30/18, 20:29 - Deskam ~ PI: Makasih mbak endah. Sy buat sedikit gambaran bgmn memberikan pemahaman terhadap kry mbak endah. Scr utuh, ide yg yg mbak endah sgt menarik dan sgt kekinian.
Ini sy cb berikan bedah sedikit...apabila ada hal2 yg perlu dipertanyakan ulang utk bhn diskusi monggo. 

  1. Wrn2 yg dibuat sgt tertata dgn rapi. Utk gaya dlm kry2 sprt ini kdg prl keberanian wrn yg bersinggungan agr menghasilkan sebuah penggambaran perbedaan antara dunia nyata dan maya, sehingga tdk terasa flat.
  2. Sy msh blm menemukan pemahaman pd gbr sprt matahari disebalah kiri tengah yg tiba2 hadir tp serasa tdk terkoneksi dgn objek lain. Itu entah, knp tiba2 muncul begitu sj tdk tau berasal dr mn. Mungkin lbh enak apabila dibuat sebuah koneksi dgn objek lain agr tdk terasa janggal. Terkozeksi bkn brrt hrs bersentuhan scr gbr ato objek, tetapi ada kolersi yg bs dibuat bersinggungan, jd tdknterkesan berdiri sdr.
  3. Kebali lg di bagian sebelah kiri dibawah sprt matahari itu ada sprt pohon keluar dr btk manusia (klo tdk slh), itu jg terasa janggal. Ini agk berneda dgn poin 2, tetapi penyatuannya jg terasa asing dgn materi yg dibuat. Cm, sprt poin 2 jg, blbuat hubungan objek lbh terasa tp tdk kehilangan makna.
  4. Wrn yg dibuat terasa mslh flat, hpr sprt poin 1. Sy sarankan, cb gunakan bbrp teknik pengerjaan, semisal mengginakan tambahan gelap terang ato perpaduan wrn yg lbh kontras, sehingga ada gejolak ato pemberobtakan dr kry tersebut, kr ini kry kn sebuah kritik terhadap kehidupan urban saat ini, kehidupan urban sarat dgn kontradiktifnya, lha rasa kontradiktif itu selayaknya terwujud dl simbol2, semisal wrn, bentuk, komposisi dan   perbaduan teknik. 
  5. Sy sgt tertarik dgn kotak2 yg ada dibagian atas kprt kepala robot itu )entah itu kepala org ato kotak layar komputer), tp buat sy itu sgt menarik sx. Ada sesuatu permainan pemahaman yg ingin dibuat pelukisnya. Bagian ini sy merasa sgt nge-pop bgt...sgt terasa dunia urbannya. 
Masukan scr umum: pelajarinulang ttg antropologi masyarakat urban, paling enggak sosiologi masyarakat modern, sehingga kry ini lbh kuat mengangkat pemahaman masy urban saat ini. Dr situ ada mendapatkan sebuah pemahaman bgmn sebuah teknologi yg terbentuk dlm dunia maya memberikan dampak srt cr hdp dan berfikir manusia modern saat ini. Dr situ akn menemukan akarnya, hrpnnya kry yg di tampilkan mampu menberikan solusi dr permasalahan yg ada, bkn hny sebuah kritikan.

3/30/18, 20:32 - Deskam ~ PI: Monggo.mbak endah...ada mskn?

3/30/18, 20:33 - Endah Pribiandari ~ PI: Terima kasih pak...
Untuk warna sy mencoba brani mencampur 3 warna. Kalo kayak sinar itu sy ksh warna kuning seolah sinyal muncul hilang. Kepala yg di bawah muncul pohon bercabang simbol klo di dunia maya kita ga fokus pd satu hal mcm hal. Kotak2 atas simbol dr tekhnologi pak..

3/30/18, 20:33 - Danar ~ PI: Diskusi ini masih panjang dan kita bantu menemukan
3/30/18, 20:35 - Danar ~ PI: Ok mb endah...monggo pak ketum
3/30/18, 20:37 - Danar ~ PI: Utk mas mardi tolong dibantu utk penjelasan tentang apa itu dadaisme n kubisme setidaknya bisa memberikan wacananya..monggo mas mardi...teman yg lain tetap nyimak dan dengerin musik
3/30/18, 20:38 - Danar ~ PI: Sementara pak ketum n mas mardi...

3/30/18, 20:45 - Mardi ~ PI: Klo Dadaisme sebuah karya yg sifatnya liar pemberontakan terhadap.aliran2 yg sudah ada dan cirinya sangat2 binal lukisanya, sinis,brutal.
Klo Kubisme aliran lukisan yg mengalami penyederhanaan betuk suatu obyek secara geometris.
Dan karya yg di posting temen PI malam ini mengapa saya berpendapat penggabungan dari kubisme dan dadaisme. Cz di dlm pengambilan obyek lebih pragmatis,pengambilan komposisi obyeknya lbh teroganisir sementara ini dulu pdpt saya

3/30/18, 20:45 - Deskam ~ PI: Yups...ide menarik membuat simbol2 tersebut mbak. Tp, simbol yg mbak buat mmg bnr2 abstrak dan prl penterjemahan lbh dr penikmatnya dan ini sgt bgs sy rasa. Lha, mungkin yg prl dipelajari adalah bgmn simbol2 itu bs menjadi bhs yg dpt diterjemahkan. Hank Ma byk mengeksplodasi dunia afrika amerika dan menjadikan iti simbol1 yg menjadi sebuah teka teki bagi penikmatnya, teka teki tersebut merupakan sebuah pemberontakan dia terhadap budaya konsumerisme(lha bagian konsumerisme ini sy rasa bagian yg prl menjadi catatan dl kry mbak endah, bkn utk mengekor tp menjadikanya roh yg bersinergi dgn kry mbak endah) dan hank ma menjadikan krynya sebuah bhs yg diterjemahkan scr bebas oleh penikmatnya lalu diekspos dlm sudut pandang penikmatnya. Pembebasan Hank ini merupakan sebuah bentuk pemberontakan pd sudut pandang dunia kesenian yg memberikan persepsi pd publik pd sebiah kry, mungkin simbol2 itu yg selayaknya dpt dieksplorasi ulang agr lbh tertata dgn ciamik tp ttp menunjukkan sisi keliaran dr eksplorasi. Mbak endak mungkin tdk mengangkat eksplorasi tubuh2 pd sudut pandang afrika amerika, tetapi hal itu bs menjadi bahan pembelajaran utk kry mbak endah. Hank Ma memiliki pwndidikan amerika yg sgt kental dgn latar belakang keluarga berpendidikan sehingga hal tersebutpun mempengaruhi sudut pandangnya dlm mengeksplorasi budaya. Dlm konteks ini mbak endah menariknya jg mencoba mengeksplorasi budaya urban yg saat ini sarat dlm 1 genggaman dan inilah nilai plus dr krg mbak endah.

3/30/18, 20:46 - Endah Pribiandari ~ PI: Terima kasih ngeh...

3/30/18, 20:46 - Mardi ~ PI: Sami2 pegel mas ngetike

3/30/18, 20:47 - Deskam ~ PI: Knp sy membicarakan ttg Ha k Ma jg, krn mbak endah mengatakan bhw terinspirasi dr kry2 Hank Ma, mungkin sedikit tulisan sy bs memberikan gambaran ttg hank ma
3/30/18, 20:48 - Endah Pribiandari ~ PI: Terima kasih pak...penjelasan ini bisa buat sy lebih belajar lagi dan mencoba lagi..

3/30/18, 20:49 - Danar ~ PI: Ok siep penjelasanya dari pak ketum n mas mardi..semoga bisa jadi buat bahan pertimbangan buat mb endah ya...
3/30/18, 20:49 - Danar ~ PI: Kemudian dari teman2 yg akan memberikan masukan monggo silahhkann

3/30/18, 20:50 - Endah Pribiandari ~ PI: Mbak mbak mas hehe..ngeh terima kasih sudah ngetik panjang buat jelasinnya. Sy jadi tau & paham arti aliran keduanya..

3/30/18, 20:51 - Danar ~ PI: Blm mb masih nunggu saran dari teman yang lain

3/30/18, 20:52 - Deskam ~ PI: Ayo mbak...kita gali lg kry mbak endah. Msh ckp kok wktnya. Sy sdh nyiapin pop corn byk

3/30/18, 20:52 - Mardi ~ PI: Ya mbak klo menurut saya karya mbak itu pengembangan dari kedua aliran yg saya sebut diatas.

3/30/18, 20:53 - Deskam ~ PI: Monggo oma ato.manteman yg lain ksh mskn bersama

3/30/18, 20:53 - Joko Supratikno ~ PI: Saya hanya merasa ada kesunyian di karya mbak endah kali ini....tapi q suka

3/30/18, 20:53 - Danar ~ PI: Ok masukan bagus mas tapi semuanya berserah ke mb endah mengingat ide karya sebenernya bertolak belakang dengan aliran tersebut
3/30/18, 20:53 - Danar ~ PI: Yowis nyimak lagi...kan temanya jg kesunyian dunia maya mas

3/30/18, 20:56 - Mardi ~ PI: Cuma saya hanya mengapresiasi komposisi warnaya mbak menurut saya  blm kelihatan perspektifnya' ini menurut saya mbak ya

3/30/18, 20:56 - Endah Pribiandari ~ PI: Krn sy otodidak pak..mungkin sy memang ga paham betul aliran2 itu. Cuman krn tekhniknya dr coretan spontan & dleweran cat..sy suka sebutnya abstrak & surelism gt

3/30/18, 20:54 - Bu Sylvia Ikhsan: Saya lagi nyari2 Hank Ma di Google kok gak ketemu ya ? Pingin tau dulu lukisannya seperti apa.

3/30/18, 20:56 - Endah Pribiandari ~ PI: Lukisannya bagus...ga membosankan trus buat ketagihan

3/30/18, 20:57 - Bu Sylvia Ikhsan: Ada contohnya mbak Endah? Saya belum ketemu..
.
3/30/18, 20:58 - Endah Pribiandari ~ PI: Betul pak..warna kelemahan saya krn sy lbh suka yg warna lembut pdhal klo aliran ini harus brani warna yang tajam...

3/30/18, 20:58 - Danar ~ PI: Gak papa mb yang penting ada keberanian dan kejujuran mb masalah aliran kan jadi tahu dan nanti bisa dilihat digoogle dasar aliran isme dan gaya baru nanti bisa ketemu porsinya yg pas...dan perlu diingat kembali kita semua belajar mb
3/30/18, 20:59 - Danar ~ PI: Nah sekarang jadi tahu kan mb...hehehe

3/30/18, 20:59 - Bu Sylvia Ikhsan: Kalau saya sih, dari tata warna saja. Saya suka banget dgn kombinasi warna yg digunakan mbak Endah, walau bukan warna2 yg pernah saya pilih utk warna saya... Semuanya matching. Untuk ditaruh di kamar kerja yg modern, bagus tuh...

3/30/18, 21:01 - Efendi Yusuf: Ulasan yg sungguh professional.. Utk meningkatkan semangat utk lebih dlm berkarya

3/30/18, 21:01 - Endah Pribiandari ~ PI: Terima kasih pak..

3/30/18, 21:01 - Danar ~ PI: Monggo teman2 ada masukan buat mb endah...saya tunggu 1 menit ya klu gak ada kita lanjutin lagi karya berikutnya

3/30/18, 21:02 - Endah Pribiandari ~ PI: Terima kasih.
3/30/18, 21:02 - Endah Pribiandari ~ PI: Sama2..

3/30/18, 21:04 - Deskam ~ PI: Apabila menilik dr referensi ini, kry mbak endah mlh ckp jauh dr kry ini, krn ini lbh ke figuratif, tp mbak mengambil rasa dan tarikannya, sy lbh melihat kry mbak endah itu abstrak dekoratif

3/30/18, 21:05 -Anggota ~ PI: Salut buat mb Endah, berani menampilkan obyek lukisan yg "naif"...
Hanya pewarnaan perlu ditingkatkan biar lebih mantap, maju terus mb Endah..!

3/30/18, 21:06 - Endah Pribiandari ~ PI: Terima kasih ngeh...nti sy coba belajar lagi pewarnaan...

3/30/18, 21:06 - Anik ~ PI: Kita kasih tepuk tangan buat mb Endah , Maaf apabila byk kekurangan dan apabila ada yg slh, bs diperbaiki segera

3/30/18, 21:07 - Endah Pribiandari ~ PI: Finish ya mbak...da spot jantung
3/30/18, 21:08 - Endah Pribiandari ~ PI: Siap pak...nti sy coba belajar lagi. Teruma kasih buat semuanya atas kesempatan yg indah ini. Krn dg ini dapat ilmu lagi
3/30/18, 21:09 - Endah Pribiandari ~ PI: Sy juga minta maaf klo masih bnyk kekurangan di karya saya..

3/30/18, 21:09 - Danar ~ PI: Ok siep mb endah intinya dengan bedah karya ini mb jadi tambah tahu tentang aliran gaya dan lainya mungkin konsep n ide sejalan dengan hati dan nurani mb tinggal nanti lebih disempurnakan lagi n semangat berkarya ...

3/30/18, 21:10 - Endah Pribiandari ~ PI: Siap pak..semangat..

3/30/18, 21:10 - Mardi ~ PI: Mbak endah kan menurut pendapat saya karya mbak endah hasil pengabungan antara kubisme dan dadaisme jadi gimana klo di kasih nama Aliranya newbieisme

3/30/18, 21:10 - Anggota ~ PI: Salam Sukses n smakin smangArt buat mbak Endah

3/30/18, 21:12 - Endah Pribiandari ~ PI: Terima kasih

Teman

Comments

Popular

Streamy River

Bedah Karya

Majesty Of Nature

Pandangan Seni Lukis Oleh Widyo D Soeryo