Mengenal Deskamtoro, Pelukis Cat Air yang Miliki Mimpi Besar untuk Indonesia

Deskamtoro Bersama Komunitas Cat Air Internasional
Mungkin tidak banyak orang yang ketika dewasa kelak bercita-cita untuk menjadi seorang pelukis. Terlebih orang tersebut tidak memiliki bakat sama sekali tentang seni lukis. Namun seorang pria asal Yogyakarta bernama Deskamtoro Dwi Utomo, nekat untuk mendalami dunia seni lukis tanpa memiliki bakat lukis sebelumnya.

Pria yang kini berprofesi sebagai pelukis cat air dan juga guru seni lukis ini sejak kecil memang sudah menyukai dunia seni lukis. Ketertarikannya timbul ketika pada saat kelas 4 SD dirinya memiliki seorang guru lukis yang menyenangkan. Sang guru kala itu kerap mengajak murid-muridnya untuk melukis di tengah perkebunan, tepi sungai atau persawahan, sehingga minat terhadap seni lukis pada diri Deskamtoro menjadi tumbuh.

"Padahal, kalau dibilang ada bakat enggak juga. Tetapi memang saat itu keinginan saya untuk menjadi pelukis sangat kuat," ujar Deskamtoro saat berbincang dengan GoHitz di Wisma Antara, Jakarta Pusat, beberapa waktu yang lalu. 

Keinginan Deskamtoro kala itu untuk menekuni seni lukis sempat mendapat tentangan dari kedua orang tuanya. Ayah dan ibu Deskamtoro menilai profesi sebagai seorang pelukis tidak menjamin kesejahteraan di masa depan. Selain itu, profesi ini juga dianggap tidak bisa menghasilkan banyak uang. Namun Pria kelahiran 6 Desember 1979 ini tetap nekat untuk menekuni bidang tersebut.

Di tahun 1995, Deskamtoro masuk ke Sekolah Menengah Seni Rupa (SMSR) di Yogyakarta. Dirinya berhasil masuk ke sekolah tersebut berkat bantuan dari kerabatnya, karena sebelumnya ketika mendaftar lewat jalur reguler, Deskamtoro gagal lolos tes seleksi. Rasa hutang budi terhadap kerabatnya tersebut menjadi lecutan semangat bagi Deskamtoro untuk menekuni ilmu seni lukis dengan sungguh-sungguh. Hasilnya, Deskamtoro sukses masuk dalam peringkat 10 besar siswa berprestasi di sekolahnya. 

"Saya ingin membuktikan bahwa walaupun saya tidak memiliki bakat, tetapi ketika saya memiliki kemauan yang keras dan terus berusaha bersungguh-sungguh, saya bisa membuktikan kalau saya mampu," tutur pria asli Yogyakarta tersebut. 

Tahun 1999 Deskamtoro berkuliah di Institut Seni Yogyakarta. Di sela-sela aktivitas perkuliahannya, Deskamtoro juga mengambil pekerjaan di Jakarta untuk mengurusi berbagai proyek yang berkaitan dengan seni lukis. Dirinya percaya bahwa dengan bekerja, kemampuan dirinya di bidang seni lukis akan semakin terasah. Tentu dengan diimbangi oleh ilmu pengetahuan yang diperoleh di bangku perkuliahan. Deskamtoro lulus dari ISI Yogyakarta pada tahun 2007.

Lukisan Cat Air
Deskamtoro kini dikenal sebagai seorang pelukis yang fokus terhadap teknik lukis menggunakan cat air. Dia menganggap teknik melukis menggunakan cat air memiliki tantangan tersendiri. Meski banyak orang menilai teknik ini merupakan teknik dasar dalam melukis, tapi dalam prakteknya teknik ini memiliki tingkat kesulitan tersendiri. 

"Di seni lukis cat air kalau sudah salah tidak bisa diulang. Jadi, biarlah cat air yang melakukan prosesnya. Yang kedua Lukisan cat air tidak bisa direproduksi. Tidak bisa diplagiat. Saya jamin mau sedetail apapun tetap tidak bisa sama hasilnya," ucap pengagum karya-karya dari Pelukis S. Sudjojono ini. 
Karya-karya yang dihasilkan oleh Deskamtoro kebanyakan beraliran surealis-realis. Menurutnya, kedua aliran tersebut merupakan penggambaran dirinya yang merupakan seorang pemimpi dengan pemikiran dan imajinasi yang liar, namun tetap memperhatikan unsur-unsur realis dalam setiap karya lukisnya.

Kini, Deskamtoro telah berhasil membuktikan kepada keluaga dan orang-orang terdekatnya bahwa dirinya mampu hidup sejahtera dengan menjadi seorang pelukis. Selain menjadi seorang guru lukis di sekolah dan di sanggar-sanggar, dirinya juga kerap turut serta dalam pameran lukisan baik di dalam negeri maupun luar negeri. Ada satu mimpi besar yang ingin diwujudkan oleh Deskamtoro. Dia ingin membawa harum nama Indonesia di kancah dunia lewat seni lukis cat air. 

"Saya itu selalu ingin membawa nama harum Indonesia melalui seni lukis cat air. Mungkin pelukis lain sudah, tapi inginnya itu saya sendiri yang mengharumkan nama Indonesia lewat karya seni lukis cat air saya," tutur Deskamtoro. 

Source : GoHitz.com

Comments

Post a Comment

Popular

Streamy River

Bedah Karya

Majesty Of Nature

Pandangan Seni Lukis Oleh Widyo D Soeryo